Laman

Jumat, 06 Mei 2016

peran mahasiswa dalam meningkatkan pendidikan di indonesia




Pemuda memiliki peranan penting bagi kemajuan bangsa. Setidaknya ada dua hal yang dapat dilakukan generasi muda indonesia untuk ikut serta dalam perbaikan dunia pendidikan yaitu menjadi relawan pendidikan, menginspirasi perlombaan karakter masyarakat.
Generasi muda Indonesia dapat ikut serta memperbaiki pendidikan di Indonesia dengan menjadi relawan dalam bidang pendidikan di Indonesia.


Gerakan pemuda relawan pendidikan ini dapat sangat membantu meningkatkan pendidikan Indonesia, mengingat penyebaran pendidikan di Indonesia yang belum merata walaupun dengan jumlah guru yang sebenarnya telah memenuhi standart pendidikan. Generasi muda Indonesia yang ada sangatlah dibutuhkan keberadaannya untuk ikut serta dalam membangangun pendidikan indonesia yang lebih baik terutama di daerah daerah yang masih minim jumlah guru dan pengajar yang ada. Di indonesia saat ini telah ada organisasi non pemerintah untuk mengajak para pemuda indonesia untuk mengajar sukarela di daerah-daerah terpencil. Ada juga program sukarelawan yang baru ini seperti 1000 guru, untuk mengetahui lebih detail tentang komunitas 1000 guru ini, saya akan menyampaikan sepengetahuan saya tentang komunitas ini.
Saya mengetahui adanya komunitas ini setelah saya mengikuti seminar pendidikan nasional di universitas muhammadiyah yogyakarya. 1000 guru jogja ini merupakan gerakan 1000 guru regional pertama. Regional yogyakarta menjadi salah satu penopang 1000 guru pusat. 

Gerakan ini pernah aktif ditahun 2012 sampai akhir 2013. Di akhir 2014, 1000 guru jogja kembali aktif lagi dengan mengadakan traveling and teaching perdana. Gerakan ini dikoordinasi oleh sandi pradana dan dibantu oleh rekannya, arif yoga pratama. Harapan kedepannya semoga 1000 guru dapat menjadi wadah bagi pemuda pemudi di yogyakarta dan sekitarnya dalam hal bergotong toyong untuk mencerdaskan anak indonesia.
Oleh karena itu sebagai generasi penerus dan perubah bangsa, seharusnya pemuda pemuda Indonesia mulai sadar akan pentingnya peranan dan tugas mereka dalam mamajukan pendidikan di Indonesia. Karena, hanya pemuda atau mahasiswa yang sadar akan peranan penting yang dimilikinya di masyarakat yang dapat menyadarkan, menginspirasi, dan memajukan pendidikan masyarakat di sekitarnya pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar