Laman

Sabtu, 30 Mei 2015

Review film Sokola Rimba






Judul Film : Sokola Rimba
Sutradara : Riri Riza
Pemain : Prisia Nasution, Nyungsang Bungo, Nengkabau, Beindah



Film sokola rimba, ini adalah kisah dari Butet Manurung yang diperankan oleh Prisia Nasution; seorang aktivis yang yang bekerja di lembaga konservasi alam, dalam pengalamannya menjadi guru bagi Suku Anak Dalam yang tinggal di hulu sungai Makekal, Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi.

Cerita tentang seorang perempuan yang masuk ke dunia yang sangat asing bahkan oleh laki-laki sekalipun. Mengajar komunitas orang rimba bukan hanya anak-anak tapi juga orang dewasa yang penuh kecintaan dan kesungguhan dan melakukannya terus menerus secara konsisten di dalam rimba.
Cara Butet mengajar berhitung menggunakan biji karet, memuat Sokola Rimba memikat. Kalau salah menjawab akan disebut Raja Penyakit. Dialog Humoris.

Ada beberapa adegan yang mengharukan. Ketika Nyungsang Bungo yang baru bisa mengeja membaca dokumen perjanjian antara pihak Perkebunan Kelapa Sawit dengan kampungnya. Dokumen itu membuat mereka harus berpindah beberapa kali. Gulungan surat yang berisi perjanjian yang tidak bisa mereka baca dengan bayaran biskuit, rokok, gula, dan kopi. Mereka hanya diminta membubuhi cap jempol tanda setuju dengan isi perjanjian. Begitu Nyungsang Bungo mulai membaca, Butet tidak bisa menahan keharuan dan mengganti gulungan itu dengan bacaan yang lebih ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar